Selasa, 10 Mei 2016

Sepak Bola



Sepak bola adalah salah satu olahraga yang sangat populer di dunia. Dalam pertandingan, olahraga ini dimainkan oleh dua kelompok berlawanan yang masing-masing berjuang untuk memasukkan bola ke gawang kelompok lawan. Masing-masing kelompok beranggotakan sebelas pemain, dan karenanya kelompok tersebut juga dinamakan kesebelasan. Dalam sebuah pertandingan atau permainan tentunya ada peraturan yang harus ditaati atau dijalankan, begitu juga dalam permainan sepakbola. Aturan ini dibuat supaya tidak ada salah satu pihak yang dirugikan selain itu agar permainan tertata dengan baik. Peraturan permainan adalah suatu aturan yang mengatur jalannya sebuah permainan atau pertandingan agar tercipta rasa adil, tidak ada satu pihak yang merasa dirugikan, dan supanya jalannya permainan atau pertandingan lebih teratur. Dalam sepakbola yang membuat kebijakan untuk membuat peraturan permainan sepakbola yaitu FIFA (Federation Internationale De Football Association) dalam bukunya yaitu Laws Of The Game (FIFA 2008:4). “Peraturan yang ada dalam laws of the game sifatnya baku dan tidak dapat dirubah oleh pihak manapun dan hanya FIFA sendiri yang dapat merubahnya”. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa peraturan permainan sepakbola tidak hanya begitu saja, karena federasi internasional yang menaungi sepakbola selalu merubah peraturan sesuai dengan evaluasi yang dilakukan dalam suatu pertandingan, sehingga ada peraturan yang dihapus atau ditambahkan agar peraturan dalam permainan sepak bola lebih sesuai dan permainan sepakbola dapat terlihat lebih menarik. Dalam peraturan permainan sepakbola terdapat 17 pasal yang mengatur jalannya suatu permainan sepakbola. Pasal 1 – 6 menjelaskan tentang perlengkapan, pasal 7 – 17 menjelaskan tentang aplikasi dilapangan. Disini kami akan membahas peraturan sepakbola yaitu pasal 2 mengenai bola.
Bola merupakan hal penting dalam dunia sepak bola. Bola yang digunakan untuk pertandingan sudah tentu harus memiliki standar bola yang harus diperhatikan sehingga selama digunakan selama masih dalam keadaan aman, nyaman dan tidak mempengaruhi konsentrasi para pemain sepakbola. Ada standar bola yang sudah menjadi ketetapan dalam pertandingan sepakbola secara internasional. Dalam peraturan resmi, bola yang digunakan harus berbentuk bundar/bulat, terbuat dari kulit atau bahan lain yang sesuai,  ukuran keliling bola tidak boleh lebih dari 28 inches / 70 sentimeter dan tidak boleh kurang dari 27 inchi / sekitar 68 cm, mempunyai berat 410-450 gram dan tekanan udara 0,6-1,1 atm. Kelembaman bola juga ditentukan sebesar 60% yang artinya ketika bola dijatuhkan dari udara setinggi 1 meter di atas lapangan, bola harus bisa memantul lagi setinggi 60 cm ke atas. Hal khusus lainnya adalah warna bola, warna bola tidak sama dengan warna lapangan yang cenderung hijau karena jika terdapat unsur hijau akan menyulitka para pemain di lapangan meskipun secara peraturan tidak disebutkan tentang warna bola yang boleh digunakan. Tetapi untuk lapangan-lapangan tertentu sudah ditentukan standar bola yang digunakan seperti pada pertandingan yang digelar di Negara yang bersalju maka digunakan bola dengan warna orange atau merah yang cerah. Untuk lapisan pada bola harus memiliki tingkat kekasaran jadi tidak halus dan lembut, hal ini untuk mempertajam warna bola sehingga aman dan terlihat oleh para pemain ketika bola memutar maka masih dapat terlihat seluruh bagian bola. Lapisan ini terbuat dari beberapa bahan dan kulit yang layak dan sudah distandarkan.
Ada jenis 5 jenis bola dengan karkteristiknya, yaitu :
1.      Bola ukuran 5 :
Biasanya digunakan oleh pemain-pemain sepak bola yang berusia 12 tahun atau diatasnya dengan ukuran keliling 68-70 cm dan berat 14-16 oz (410-450 gram).
2.      Bola ukuran 4:
Biasanya digunakan oleh pemain dengan usia 8 – 12 tahun dengan lingkaran bola antara 25 -26 ins (64-66 cm) dan berat 12-13 oz (340-468 gram).
3.      Bola ukuran 3:
Biasanya digunakan oleh pemain dengan usia dibawah 8 tahun dengan ukuran lingkaran bola antara 23-24 inchi ( 58-61 cm) dengan berat 11-12 oz (312-340 gram).
4.      Bola ukuran 2 :
digunakan untuk pertandingan promosi.
5.      Bola ukuran 1 :
digunakan untuk pertandingan promosi
Jenis bola yang digunakan untuk pertandingan biasanya dipesan khusus sesuai dengan standar bola yang diharuskan dan memiliki lambang resmi nama pertandingan yang sedang digelar seperti : FIFA World Cup, FIFA APROVED atau Piala Asia.  Jumlah bola yang disiapkan tidak hanya satu jadi ada beberapa bola cadangan yang disiapkan selama pertandingan digelar bahkan sewaktu-waktu bola akan diganti dengan yang baru. Pada bagian setiap sisi tepi lapangan bola disediakan bola cadangan karena bola yang meluncur dari kaki para pemain bola tidak dapat ditebak kearah mana akan meluncur kecuali ke arah gawang yang sudah tentu menjadi tujuan utama berakhirnya bola. Mengenai pergantian bola saat pertandingan berjalan aturannya adalah sebagai berikut, Jika bola pecah atau menjadi rusak dalam pertandingan maka :
1.      Pertandingan dihentikan
2.      Pertandingan dilanjutkan dengan wasit menjatuhkan bola pengganti (melakukan dropball) di tempat dimana bola sebelumnya, kecuali jika permainan dihentikan di dalam daerah gawang, dalam hal ini wasit menjatuhkan bola pengganti (melakukan dropball) di garis daerah gawang, sejajar dengan garis gawang pada titik terdekat dimana bola berada ketika asli bermain dihentikan.
Jika bola pecah atau menjadi rusak tidak dalam permainan yakni saat kick-off, tendangan gawang, tendangan sudut, tendangan bebas, tendangan penalti atau lemparan ke dalam, maka:
1.      Pertandingan dimulai/dilanjutkan sesuai aturan.
2.      Bola tidak dapat diubah/diganti selama pertandingan tanpa otoritas/izin dari wasit.

 sumber belajar:
http://haryadideni.blogspot.co.id/2014/04/peraturan-permainan-sepakbola-fifa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar